Pemerintah Harus Berani Investasi Perangkat Wimax

digadang-gadang memiliki potensi besar karena kebutuhan masyarakat akan akses internet semakin besar. Pemerintah dalam hal ini Meneg BUMN diimbau harus berani berinvestasi melalui industri strategis terkait seperti PT LEN dan PT INTI.

“High risk, high gain. Memang ini berisiko tinggi, tapi untungnya juga besar. Huawei juga begitu ketika pertama dilibatkan pemerintah China. Sekarang siapa yang menyangsikan Huawei,” papar Chief Lembaga Riset Telematika Sharing Vision Dimitri Mahayana kepada detikINET di Hotel Savoy Homman, Minggu (5/4/2009).
Industri strategis terkait telekomunikasi seperti PT INTI dan PT LEN, agar berani berinvestasi dalam produksi customer premises equipment (CPE) maupun jaringan infrastruktur WiMax. “Paling tidak dua perusahaan milik pemerintah ini didorong agar lebih agresif lagi. Jangan hanya menunggu,” katanya.

Menurut Dimitri, pemerintah dalam hal ini Menkominfo jangan terburu-buru memaksakan proses tender Wimax. Hal ini dikarenakan industri lokal penyedia perangkat Wimax belum siap menyediakan minimal 1 juta unit CPE.

“Tender tidak perlu dipaksakan digelar dalam bulan-bulan ini. Lebih baik dilakukan root analysis yang bertujuan mendorong kesiapan dan mengumpulkan komitmen industri,” kata dosen Teknik Elektro ITB ini.

Root analysis sendiri, imbuhnya, dilakukan oleh perwakilan tiap elemen terkait seperti operator telekomunikasi, industri lokal, maupun Dirjen Postel yang duduk bersama guna mengurai masalah sekaligus mencari solusi percepatan peningkatan produk CPE.

“Pemerintah juga harus mengumumkan kepada masyarakat jika ditunda lagi. Tapi dengan catatan dibuka masalah dari masing-masing vendor peserta tender. Apa
masalahnya dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan masalahnya,” terangnya.

Dengan diumumkannya masalah yang sedang dihadapi, Dimitri yakin tender Wimax tidak akan sama seperti tender 3G.

“Jangan sampai tender hanya untuk meningkatkan value tapi nanti dijual lagi. Jangan seperti 3G dulu. Sehingga tidak beli kucing dalam karung,” pungkasnya.

Source : http://www.detikinet.com/read/2009/04/06/080342/1110729/328/pemerintah-harus-berani-investasi-perangkat-wimax

Wimax Tutorial / Tutorial Wimax / Tentang Teknologi Wimax : disini

Wimax dan CCTV monitoring  Streaming Server : disini

Ditulis dalam Wimax. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Pemerintah Harus Berani Investasi Perangkat Wimax”

  1. jundi Says:

    alhamdulillah di tasik dah pke WIMAX…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: