Tender BWA Tidak Sesuai Standar Wimax Forum’

Wimax

Wimax

Jakarta – Forum Komunikasi Broadband Wireless Indonesia (FKBWI) menyambut baik rencana pemerintah yang akan segera melelang 30 MHz spektrum untuk layanan Broadband Wireless Access (BWA) di pita 2,3 GHz.

Menurut penggiat FKBWI Wahyu Haryadi, hal ini tentunya menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat yang terus meningkat atas layanan akses data pita lebar nirkabel.

Namun, pria asal Palembang yang bekerja untuk vendor Motorola ini, menyayangkan jika benar pemerintah hanya memperbolehkan penggunaan perangkat BWA dengan standar 802.16d untuk pemenang lelang ini.

“Untuk diketahui bersama bahwa penggunaan standar 802.16d di pita 2.3Ghz tidaklah sesuai dengan roadmap WiMAX Forum, yang jelas-jelas menyatakan bahwa untuk pita 2,3 GHz dan 2,5 GHz diperuntukkan bagi standar Mobile WiMAX 802.16e,” jelasnya pada detikINET, Rabu (18/3/2009).

BWA Bukan Wimax?

Penggunaan kata Wimax dalam perangkat BWA, juga dianggap FKBWI menyalahi hak cipta merek dagang yang telah didaftarkan atas nama Wimax Forum.

Wahyu menuding, saat ini terdapat perusahaan lokal yang memproduksi perangkat BWA yang tidak sesuai dengan WiMAX Forum di frekuensi 2,3 GHz dan mengklaim perangkat tersebut adalah perangkat WiMAX.

“Karenanya diminta kepada Indonesia sebaiknya kalau tidak dapat comply dan mengikuti WiMAX Forum, lebih memilih istilah generic BWA saja daripada Wimax,” tandasnya.

Pemerintah dalam BWA memang lebih memprioritaskan perusahaan lokal yang menjadi penyedia perangkat pita lebar tersebut. Dirjen Postel Basuki Yusuf Iskandar beralasan agar lokal tak selamanya tertinggal dari asing dalam hal produksi perangkat teknologi.

Saat ini sudah ada beberapa perusahaan lokal yang menawarkan produksi perangkat BWA tersebut, antara lain, PT Solusindo Kreasi Pratama (TRG), PT Hariff Daya Tunggal Engineering, dan Xirca Technology. ( rou / ash )

Sumber : Achmad Rouzni Noor II, DETIKINET
http://www.detikinet.com/read/2009/03/18/162813/1101430/328/tender-bwa-tidak-sesuai-standar-wimax-forum

Tentang wimax dapat dilihat disini

Tutorial Wimax / Wimax Tutorial dapat di baca disini

Ditulis dalam Wimax. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: