Bagus dan Gratis .

Bicara tentang linux ..

Banyak orang berbicara tentang persaingan antara software lisensi dan open source . Khususnya pada segment operating system , pembicaraan ini tidak akan ada habisnya .
Buat gue sendiri pilihan dan jawabannya tentang linux itu sendiri adalah , dengan satu system operasi yang gratis berikut dukungan aplikasi server lainnya yang tidak perlu bayar, juga dengan kemampuan yang sama bahkan bisa lebih baik daripada yang lain dan memenuhi kebutuhan yang diperlukan kenapa harus bayar ?
Bayar euy , hari gene biaya hidup aja makin berat , sementara loe kudu bayar ? haha , males ah … gunakan sedikit imajinasi dan ya kenapa tidak kita coba ke yang satu ini ?
Gue sendiri ga memakai banyak aplikasi yang ada pada paket bundle yang disediakan oleh linux apalagi di sisi user atau aplikasi desktop .
Gue inget pertama kali make linux taon 1998 , gue masi kuliah dah ga jelas tuh kuliah kelar pa kaga , sempet nyambi di warnet dan kebetulan servernya linux . Kalo ga salah make redhat 7.0 . Server tersebut dipake buat gateway , firewall dan proxy warnet tempat gue nyambi . ya gitu-gitu aja fungsi yang biasa dipake kan ? sampe sekarang juga masi fungsi itu-itu juga yang gue pake buat keperluan kantor . Gratis bos dan memenuhi kebutuhan , kenapa harus bayar kan ? Sampe sekarang terakhir nyobain distronya fedora core 7 . Sama saja masih nongkrongin prompt shell aja dan ga pernah banyak nyobain aplikasi desktop .. Ya sapa tau ntar deh nyobain aplkasi desktopnya . Lagi coba milih distro yang paling enak dan sesuai , berhubung begitu banyak distro ya gue juga bingung mao milih yang mana . Lagi-lagi ya balik lagi ke penerusnya redhat , ya fedora lagi ..

Banyak sih konfigurasi untuk keperluan server linux beserta aplikasinya yang dah dibuat . Ini gue juga lagi nyicil nulisin satu persatu biar bisa tak upload sekalian . lumayan lah buat baca-baca , sapa tao aja ada yang butuh ya tinggal baca aja kok ya . Namanya juga belajar ya bos … bikin aja semua gratis kaya linux .. Hari gene bayar ?? ckckck ..

Ditulis dalam Linux. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Bagus dan Gratis .”

  1. yohanli Says:

    kadang yang bayar juga perlu lho…

    kalo nggak ada yang mau bayar software, para programmer itu dapat penghasilan dari mana?

    memang sih kalo harga software sangat mahal membuat kita keberatan untuk membelinya

    kalo menurut saya…

    software murah yes…
    software mahal no…


Tinggalkan Balasan

