Tentang teknologi Wimax

from  www.nrspot.com

Berdasarkan pembagian segmen penggunaan teknologi wireless, WiMAX memang ditujukan untuk penggunaan di segmen Metropolitan Area Networks (MAN). MAN biasanya terdiri dari kumpulan LAN, dan meliputi area dalam radius 50 km. Dari segi segmen penggunaan jelas WiMax ditujukan untuk segmen yang sama dengan teknologi kabel tembaga (contohnya DSL).

Masalah yang sering terjadi pada penggunaan teknologi DSL dalam menyediakan akses broadband ke pengguna biasanya sering disebut sebagai “last-mile problems”, atau masalah rentang jarak terakhir antara rumah atau kantor pengguna dan jaringan penyedia layanan broadband. Yang termasuk masalah last-mile bagi pengguna adalah rendahnya laju data broadband akibat terbaginya bandwidth ke banyak pengguna di jaringan.

Rendahnya laju data juga dapat disebabkan oleh jauhnya jarak antara lokasi pengguna dengan sentra koneksi penyedia layanan. Masalah last-mile ini juga dapat merugikan penyedia layanan karena potensi untuk memperluas cakupan pelanggan terkadang mendapat kendala belum terpasangnya infrastruktur fisik ke lokasi calon pelanggan.

Masalah-masalah last-mile itulah yang coba ditanggulangi dengan kehadiran teknologi WiMax yang nirkabel. WiMax, dikenal dengan standar 802.16, dapat melakukan transfer data dengan kecepatan sekitar 70MBps dalam radius jarak sekitar 30 – 50 km untuk menyediakan akses broadband bagi ribuan pelanggan dari sebuah base station.

Infrastruktur wiMax yang tidak tergantung pada infrastruktur kabel yang sudah ada menjadikannya dapat memberikan akses broadband ke daerah-daerah terpencil seperti pedesaan. WiMax menjadi alternatif paling dekat ketersediaannya dibanding harus menunggu perusahaan telekomunikasi memasang teknologi fiber to the home (FTTH) yang mahal.

WiMax untuk Perangkat Mobile

Standar IEEE 802.16e adalah sebuah amandemen dari spesifikasi dasar IEEE 802.16, dan membidik pasar mobile dengan menambahkan portabilitas dan kemampuan bagi perangkat mobile dengan adapater 802.16e untuk terhubung langsung dengan jaringan WiMax. Standar IEEE 802.16e masih dalam tahap penyusunan, dan diharapkan proses penyelesaiannya dapat berakhir tahun 2006.

Salah satu perkembangan terbaru terkait dengan WiMax mobile adalah kesepakatan yang dicapai oleh Intel dan Nokia pada bulan Juni lalu untuk bekerjasama mendukung pengembangan teknologi WiMax mobile, dan akan saling mendukung agar standarisasi teknologi tersebut dapat segera dirilis.

Dalam butir-butir kesepakatan tersebut, Intel dan Nokia yang sama-sama tergabung dalam WiMax Forum akan bekerjasama dalam masalah-masalah yang berhubungan dengan pengembangan perangkat klien mobile Wimax dan infrastruktur jaringan, serta mempromosikan teknologi tersebut di antara operator dan penyedia layanan. Nokia dan Intel mengusung Wimax mobile sebagai teknologi yang dapat digunakan pada layanan data yang melengkapi jaringan 3G yang sudah ada.

Sumber www.infokomputer.com

http://www.infokomputer.com/feature/feature.php?id=4239

Untuk informasi tentang teknologi open source ini dan aplikasinya lebih lanjut anda dapat melihat informasi berikut , klik disiniUntuk Solusi Aplikasi Sistem Informasi dapat dilihat di sini

Contoh Desain Pembangunan Software Aplikasi Aset

Contoh Desain Pembangunan Software Aplikasi Web E-Gov / E – Government

Contoh Desain Pembangunan Software Aplikasi Executive Information System

Contoh Desain Pembangunan Software Aplikasi Sistem Informasi Akademik

Contoh Desain Pembangunan Software Shopping Cart  Aplikasi Web Cart By Network Regroup

Proposal APlikasi Pembangunan Softaware Aplikasi Asset Maintenance System / Aplikasi Aset

Untuk Informasi Tentang Wimax / Tutorial Wimax / Teknologi Wimax dapat di lihat di Wimax.

Ditulis dalam Wimax. 5 Comments »

5 Tanggapan to “Tentang teknologi Wimax”

  1. adhie Says:

    Tengz mas..artikelnya.

  2. tofan Says:

    saya sudah pasang internet memakai perangkat wimax tp sejauh ini banyak putus jarngannya sa
    tnks………….

    • donaldabek Says:

      Mas tofan ?
      Sudah make wimax ? dan digunakan untuk backbone internet ?
      kelihatannya anda menggunakan teknologi wimax smart beamforming dari Navini Network bukan ? Navini network sudah diakuisisi oleh Cisco System .

      Btw kelihatannya untuk kasus anda, geographical disekitar lingkungan anda tidak dapat digunakan secara optimal untuk pantulan energi beamforming dari perangkat wimax anda, mengingat bahwa Wimax diterapkan untuk Metro Networks dimana banyak terdapat Bangunan besar, Tembok dan bangunan2 yang dapat digunakan sebagai path untuk mengirimkan data dari BTS Wimax anda ke CPE client yang terletak jauh dari BTS tetapi masih dalam coverage area Wimax Network anda.

      Saya rasa begitu.
      Sebaiknya dianalisa dan dimonitoring day to day untuk seluruh perangkat wimax anda mulai dari Central Office, BTS dan ke CPE anda . Butuh sentuhan tunning lebih jauh untuk hal-hal seperti ini. Atau mungkin bila perangkat anda dari cisco system tinggal anda hubungi saja orang cisco system tersebut.

      Okey boss.

      Thank you.

      donceh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: